by

Merasa Kasihan Pasangan Suami Istri Serahkan Kukang ke BKSDA

Kukang, jenis Hewan langka yang dilindungi saat diserahkan Ahmad Safari dan Sri Wahyuni ke BKSDA

JURNALKALTENG.COM,Sampit-Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit kembali menerima penyerahan seekor hewan langka yang dilindungi.hewan langka jenis kukang ini diserahkan oleh sepasang suami istri,Ahmad Safari dan Sri Wahyuni warga sampit pada selasa 25 mei 2021 pagi.

Kepada petugas Ahmad Safari mengatakan bahwa kukang berjenis kelamin jantan ini sebenarnya ditemukan oleh temannya di desa Batuah Kecamatan Seranau.Satwa yang masuk golongan primata ini sempat dIpelihara selama 3 hari, sebelum akhirnya diserahkan kepihak BKSDA untuk selanjutnya dilepaskan kembali kehabitatnya.

“Hewan ini ditemukan oleh teman saya di rumah salah seorang warga Desa Batuah Kecamatan Seranau,merasa kasihan melihat kondisi kandang dan makanan yang diberikan seadanya,akhirnya hewan tersebut diminta untuk diserahkan,tentu setelah terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada pemilik bahwa satwa jenis kukang ini termasuk hewan yang dilindungi dan warga tidak boleh memeliharanya dirumah” ujar Ahmad Safari menjelaskan.

Penyerahan secara sukarela yang dilakukan warga ini disambut baik oleh Muriansyah selaku Komandan BKSDA Pos Sampit. Menurutnya sejauh ini kesadaran masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur tentang pelestarian dan perlindungan terhadap hewan atau satwa yang dilindungi sudah cukup tinggi, hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah warga menyerahkan hewan dilindungi yang mereka pelihara, Kepedulian lain juga terlihat pada sikap masyarakat terutama para petani atau pekebun yang lebih memilih melapor ke pihak BKSDA dari pada mengambil tindakan sendiri ketika melihat adanya hewan dilindungi yang berada disekitar lahan perkebunan mereka.

“Dilihat dari fisiknya,hewan ini berjenis kelamin pejantan,dan sudah mulai memasuki usia dewasa,saat diserahkan hewan juga dalam kondisi sehat” ujar Muriansyah.

Selanjutnya menurut Muriansyah, Kukang ini akan dirawat sementara sebelum nantinya akan diserahkan ke BKSDA Seksi Wilayah II Pangkalanbun, untuk kemudian dilepas liarkan di Suaka Margasatwa Kabupaten Lamandau. (YONO HERIYANTO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed