by

BKSDA Pos Sampit evakuasi Burung Kengkareng Hitam,hewan langka yang diserahkan Warga.

Muriansyah Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSD) Pos Sampit Kabupaten Kotawaringin timur.

JURNALKALTENG.COM,Sampit – Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSD) Pos Sampit Kabupaten Kotawaringin timur mengamankan seekor burung endemik Kalimantan yang saat ini keberadaannya sudah mulai hampir punah.

Burung langka dengan nama Kengkareng ini diserahkan oleh Aminudin,warga jalan anggur 5 kelurahan Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

 Kepala BKSD Pos Sampit Muriansyah menduga burung ini merupakan hewan peliharaan seseorang yang lepas atau sengaja dilepaskan sebelum akhirnya ditemukan oleh Aminudin,sebab habitat asli burung kengkareng ini berada dikawasan hutan,bukan daerah perkotaan.

Menurut Muriansyah,burung Kengkareng ini termasuk jenis satwa yang dilindungi karena keberadaannya yang sudah mulai langka,di Kotim biasa di jumpai dikawasan hutan wilayah Utara.

“Sementara ini kita rawat dikantor BKSDA Pos Sampit dulu,sebelum dibawa ke Pangkalan Bun untuk di rehabilitasi hingga benar-benar siap untuk dilepaskan ke habitatnya aslinya.kata Muriansyah.

Dijelaskan Muriansyah,burung Kengkareng hitam ini termasuk dalam jenis burung rangkong atau enggang,berkurangnya kawasan hutan serta kemungkinan adanya perburuan membuat populasi burung ini menjadi semakin  menurun.

“Saya sangat mengapresiasi tindakan warga yang secara sukarela menyerahkan hewan ini, hal ini menandakan kesadaran masyarakat kotim akan keberadaan hewan yang dilindungi sudah tinggi” tutup Muriansyah.yhy.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed