by

Spesialis Pencuri Kabel di Sampit Ringkus Polsek Ketapang

Sejumlah barang bukti kabel listrik yang berhasil diamankan petugas Kepolisian Kotawaringin Timur.

JURNALKALTENG.COM. Sampit – Seorang pemuda berinisial IL (25) pencuri kabel listrik di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur yang mengaku sebagai petugas PLN , diringkus jajaran Polsek Ketapang, Selasa 13 Juli 2021 siang.

Dalam aksinya IL yang juga mantan pegawai PLN dibagian teknisi jaringan di Kabupaten Katingan ini terbilang cukup cerdik. Setiap menjalankan aksinya Dia kerap menggunakan baju dinas PLN dan tanda pengenal lama miliknya guna mengelabui warga.

“Dalam satu bulan ini pelaku sudah melaksanakan aksinya kurang lebih 8 sampai 9 kali, dan beraksi pada siang dan malam hari dengan alasan perawatan jaringan,” kata Kapolres Kotim AKBP. Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Ketapang AKP. Samsul Bahri.

Terungkapnya kasus ini menindaklanjuti informasi masyarakat, bahwa sering terjadi kehilangan kabel di Kota Sampit, seperti di depan Gaget Mart di Jalan Pelita dan di Sawit Raya.jalan Jenderal Sudirman serta ditempat lainnya di Kota Sampit.

Pelaku sendiri berhasil diringkus dirumah keluarganya tanpa perlawanan. Dan dari hasil penyelidikan sementara, IL menjalankan aksinya hanya seorang diri dengan sasaran trafo dan kabel listrik disejumlah titik di wilayah Kota Sampit.

“Kabel hasil curian kemudian dibawa pulang kerumah dan dikupas lalu dijual,” ujar Samsul

Aksi pelaku ini tentunya sudah sangat merugikan, bukan hanya dari pihak PLN, namun juga pada warga. Karena ada kabel yang hilang dicuri pelaku membuat di beberapa wilayah sempat terjadi pemadaman.

Kini IL beserta sejumlah barang bukti seperti pakaian baju lapangan PLN, tanda pengenal, peralatan kelistrikan serta sejumlah kabel telah diamankan polisi.

“Kami juga masih melakukan pengembangan kepada pembeli atau penadah kabel curian tersebut,”tutup Samsul. (YhY).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed