by

Beruang Terekam Kamera CCTV Masuk Permukiman Warga di Lingkar Utara Sampit

Komandan BKSDA Sampit, Muriansyah menanyai warga yang melaporkan kemunculan beruang di permukiman.

JURNALKALTENG.COM, Sampit – Seekor beruang terekam kamera cctv berkeliarann di kawasan permukiman warga Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Diduga beruang itu lapar dan mencari makan hingga permukiman warga.

Kemunculan salah satu satwa dilindungi tersebut membuat warga sekitar resah. Diharapkan, instansi terkait bisa segera mengevakuasi beruang itu sebelum membahayakan warga.

“Saya sudah melaporkan ke BKSDA Sampit. Alhamdulillah langsung direspon dengan mengecek langsung lokasi kemunculan beruang,” kata Purwa, warga pemilik kamera CCTV yang merekam kejadian itu.

Sementara, Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Muriansyah, mengatakan satwa dilingungi yang terekam CCTV warga tersebut jenis beruang madu.

“Video kemunculan beruang tersebut terekam pada Rabu malam, 9 Juni 2021. Beruang terpantau dari pukul 22.00 – 24.00 WIB,” kata Muriansyah, Jumat, 11 Juni 2021.

Melihat dari aktivitas hewan tersebut diduga kuat hewan itu datang mencari makan, karena disekitar pemukiman ada kebun nanas.

“Kita sudah melakukan pengecekan sekitar lokasi kemunculan beruang. Kami juga menemukan jejak tapak kaki, bekas cakaran dan kotorannya. Di depan rumah pelapor, ada kebun nanas yang tidak terurus. Ada bekas batang dan buah nanas yang dimakan,” paparnya.

Selain itu, petugas BKSDA juga menemukan adanya kadang ayam milik tetangga pelapor, serta lebatnya semak belukar dengan pepohonan yang mengelilingi.

“Dalam.10 hari belakangan ini telah menerima 4 kali kemunculan beruang di sekitar pemumiman warga, seperti Perumahan Griya Mandiri, Perumahan Bintang Jaya, Perumahan Wengga Metropolitan, dan terakhir di Perumahan Jalan Seth Aji Lingkar Utara,”terangnya.

Dia mengatakan, kemunculan beruang dipicu kemungkinan habitatnya telah rusak, sehingga hewan tersebut memasuki pemukiman warga untuk mencari makan.

“Sementara ini tindakan kita memberikan pengarahan dan imbauan kepada warga agar segera melapor apabila beruang kembali muncul,” pungkasnya. (YONO HERIYANTO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed