by

Jelang Hari Raya Idul Adha, Penjualan Hewan Qurban Meningkat

Juragan Sapi di Sampit H. Syamsul Bahri saat sedang melakukan pengontrolan di kandang.

JURNALKALTENG.COM,Sampit – Menjelang tibanya Hari Raya Idul Adha, penjualan hewan kurban baik sapi dan kambing, di Kota Sampit terus mengalami peningkatan, menurut pengakuan pedagang hewan kurban penjualan tahun ini lebih meningkat dari tahun – tahun sebelumnya.

Syamsul Bahri salah satu penjual hewan kurban mengatakan, untuk Idul Adha tahun ini, dirinya telah menyiapkan 400 ekor sapi dan 200 ekor kambing, semuanya di datangkan dari Madura.

“Alhamdulillah dari 400 ekor Sapi yang didatangkan, saat ini hanya tersisa 14 ekor saja dan saya yakin dalam waktu 3 hingga 4 hari kedepan semuanya akan habis terjual” ujar Syamsul, saat d temui pada Sabtu 10 Juli 2021.

Ditambahkan Syamsul, Tahun ini kebanyakan pembeli berasal dari dalam kota Sampit saja,baik Perseorangan, Perkelompok melalui arisan kurban maupun dari Perkumpulan-perkumpulan majelis yang ada di Kota Sampit, sedangkan untuk pembelian dari Pihak Perusahaan Perkebunan tahun ini agak menurun.

Terkait harga per ekor hewan kurban ditetap bervariasi, tergantung ukuran/ berat hewan kurban, yakni berkisar antara Rp.17 juta hingga Rp.25 juta.

“Untuk berat 70 hingga 75 kilo di jual seharga Rp.17 juta, 80 hingga 85 kilo dihargai Rp.18,5 juta, 90 hingga 95 kilo Rp.19 juta dan yang terbesar dengan 110 hingga 150 kilo di patok seharga Rp.22 hingga 25 juta” jelas Syamsul.

Sementara untuk kambing, dari 200 ekor yang di datangkan,saat ini hanya tersisa sekitar 20 an ekor saja, sama seperti sapi,Syamsul juga yakin hewan ini akan habis minimal menjelang H min 1 Lebaran Idul Adha nanti. (YhY)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed