by

Jelang Lebaran,BPOM Palangkaraya Sidak Mamin Di Kotim.

BPOM Palangkaraya saat sidak di Pasar Tradisional dan minimarket di Kotim,Kamis(16/6/2019)

SAMPIT,JURNALKALTENG-Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan palangka raya lakukan pengawasan pengan di kabupaten kotawaringin timur saat menjelang lebaran.Kamis(16/5/2019)Dari 15 sarana distribusi pangan yang dikunjungi didapati delapan diantaranya yang menjual produk tidak memenuhi syarat(Kadaluarsa).

Sidak yang dilakukan pengawasan pangan oleh balai besar pengawas obat dan makanan (pom) palangka raya ini juga dikawal sejumkah instansi terkait setempat.

Didalam sidak tersebut ada 15 sarana distribusi pangan, mulai dari pasar tradisional atau semi tradisonal di pusat perbelanjaan mentaya (ppm) supermarket dan swalayan yang ada di kota sampit.

wiwik wiranti Selaku kabid pemeriksaan balai besar pom palangka raya menerangkan,bahwa sidak ini dilakukan rutin setiap tahunnya dibulan Ramadhan menjelang lebaran dan peringatan hari besar ke agaamaan lainnya.

“Sidak makanan dan minuman(Mamin) yang kami lakukan ini sudah menjadi kegiatan rutin di Bulan Ramadhan menjelang lebaran,hal ini kami lakukan dimana untuk mencegah peredaran makanan dan minuman yang tidak layak pasar(kadaluarsa)”terangnya.

Saat di wawancarai awak media, Kamis(16/6/2019).

Tampak poto Sidak di Minimarket.

Semntara dari 15 sarana distribusi pangan yang dikunjungi kami menemukan delapan diantaranya yang masih menjual produk pangan tidak memenuhi syarat,seperti karena kemasan yang rusak atau pun sudah memasuki masa kadaluarsa.dan hasil temuan tersebut langsung di lakukan pemusnahan oleh pemilik sarana distribusi pangan.”ungkapnya.

Lanjut Wiwik adapun jenis produk pangan yang tidak layak edar tersebut banyak ditemukan adalah bumbu instan makanan kaleng serta snak.”Bebernya.

Ia menambahkan masa kadaluarsa suatu produk tidak dapat dihindarkan sebab distribusi selalu bergulir oleh sebab itu pedagang diimbau untuk rutin melakukan pengecekan terhadap produk pangan yang mereka jual.”Tutupnya(MR).

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed