by

Miris!Kemarau Membuat Warga Tumbang Koling Terpaksa Konsumsi Air Sungai Kotor

Kondisi sungai di Tumbang Koling saat kemarau melanda.

 

SAMPIT,JurnalKalteng.Com Di landa kemarau lebih dari dua bulan di sebabkan tidak adanya curah hujan, warga desa Tubang Koling Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaring Timur(Kotim) mengeluhkan minimnya pasokan air bersih.aliran Sungai Cempaga Hulu dimana di ketahui dulu airnya melimpah ruah, kini sudah mengering. bahkan kondisinya bagaikan got yang buntu.

“Hampir Dua bulan ini kami mengalami kesulitan air bersih,Jangankan untuk keperluan MCK, untuk konsumsi saja nyaris tidak ada,”terang Awo salah satu warga Koling ,Senin(21/08/).

pihaknya berharap agar adanya perhatian dari pemerintah daerah serta pihak perusahaan yang berinvestasi di daerah desa setempat,dimana agar bisa memberikan bantuan kepada warga desa tumbang koling yaitu penyediaan sarana air bersih.

“Adanya beberapa PBS yang disekitar wilayah desa tumbang koling. Dan sudah sewajarnya pihak PBS tersebut memberikan bentuk perhatian kepada warga desa yang saat ini sangat membutuhkan bantuan air bersih,”pungkas Awo.

Menurutnya Selain desa Tumbang Koling, ada juga dusun yang masuk daerah desa setempat, yaitu dusun Tumbang Sanak yang mana Dusun tersebut berpenduduk sekitar puluhan kepala keluarga, dan saat ini mengalami nasib yang sama “kesulitan air bersih.

Warga terpaksa mengunakan air sugai yang kotor dan berbau untuk kebutuhan mandi dan memasak. Sejumlah ibu- ibu juga terpaksa mencuci di sungai yang kotor.

Di jelaskannya bahwa pihaknya di desa setempat terpaksa mencuci di sungai yang kotor tersebut karena tidak ada pilihan lain. “saya sebenarnya khawatir jika terus menggunakan air yang kotor ini, takutnya akan berdampak pada kesehatan kami para warga”tandasnya(Gus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed