by

Pasca Banjir,Limbah Kayu Bertupuk Di DAS Katingan.

Tampak tumpukan ribuan kibik limbah kayu yang memenuhi DAS Katingan.Jum’at(7/6).

SAMPIT,JURNALKALTENG-Satu pekan terakhir, Sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan terendam banjir. Akibatnya,ratusan rumah warga terendam. saat ini, masih ada beberapa daerah yang masih terdampak banjir, dan ada beberapa genangan air yang menutup akses jalan, karena sampah yang menumpuk.Jum’at(7/6).

Daerah aliran Sungai(DAS) Katingan
ribuan kibik sampah kayu menumpuk di fender/pengaman jembatan di kecamatan Tumbang Samba akibat terbawa arus dari hulu. terlihat tumpukan limbah yang sebagian besar adalah limbah kayu, sehingga genangan tertahan tidak bisa mengalir.

Camat Katingan Tengah Hariawan mengatakan,” saat ini air yang ada di DAS Katingan beransur surut, namun akibat banjir selama satu pekan terakhir ini DAS Katingan tersumbat karena banyaknya tumpukan libah kayu yang memghambat aliran air, sehingga masih banyak terdapat akses jalan yang tergenang.” Terangnya, Jum’at(7/6).

Camat Katingan Tengah Hariawan Berfoto saat cek lokasi.

Lanjutnya hal ini dapat memicu kembali luapan air, apabila hujan kembali turun.” Turun hujan satu jam saja, Warga yang tinggal di bantaran sungai tersebut resah.” Ujar Hariawan

Tambahnya Sementara ini Kami beserta pemerintah terkait akan segera melakukan tindakan agar limbah kayu-kayu yang menumpuk tersebut cepat teratasi,kerena jika lambat di tangani dan jika kembali terjadi turun hujan, ini akan membuat dampak banjir lagi.” Jelasnya.(MR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed