by

Titik Api Sudah Trepantau, Polres Kotawaringin Timur Gelar Apel Siaga

Polres Kotawaringn Timur menyiapkan pemadam portable pada kendaraan roda dua untuk menjangkau daerah sulit.

JURNALKALTENG.COM,Sampit – Mewaspadai mulai munculnya sejumlah hot spot (titik panas) diwilayah Kotim, Polres Kotawaringin Timur segera menggelar apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Apel Gabungan ini dilaksanakan dihalaman Mapolres kotim, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kotim AKP Zaldy Kurniawan dan diikuti oleh Personil Tim Siaga Karhutla Polres Kotim, perwakilan dari unsur TNI serta BPBD Kotim. Senin, 9 Agustus 2021.

“Apel kesiapan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dengan mulai adanya titik-titik hot spot di wilayah Kotim, terlebih lagi saat ini kita sudah memasuki bulan-bulan rawan terjadi Karhutla, yakni pada Agustus hingga September,” kata Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin,melalui Kabag Ops Polres Kotim AKP Zaldy Kurniawan.

Dalam apel tersebut, juga dilakukan pengecekan terhadap kesiapan sejumlah alat milik Polres Kotim yang akan digunakan untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan skala ringan hingga berat.
Mulai dari alat pemadam manual berupa pemukul rambatan api, pemadam portable pada kendaraan roda dua untuk menjangkau daerah sulit, hingga sarana pemadam berupa truk tangki dan AWC (Armored Water Canon) yang difungsikan sebagai pemadam api.

“Kami juga menekankan kesiapsiagaan Personil atau Operator Sarpras dengan selalu melakukan pengecekan, agar nantinya pada saat diperlukan untuk mencegah atau menanggulangi Karhutla, alat tersebut bisa berfungsi dengan baik.(YhY).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed