by

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Serap Aspirasi Petani Buah Naga

Wakil Bupati Kotim, Irawati meninjau perkebunan buah naga di Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi.

JURNALKALTENG.COM, Sampit – Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati melaksanakan kunjungan ke perkebunan buah naga di Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi. Dalam kunjungannya itu, Irawati mendengarkan aspirasi petani buah naga.

“Setelah melihat langsung kebun warga di Desa Kandan, saya yakin ke depannya ini mampu menjadi penghasil buah naga. Ada potensi di sana,” kata Irawati, Selasa, 20 April 2021.

Dalam kunjungan itu, Irawati juga mendengar langsung aspirasi petani setempat. Selain itu, dia menegaskan siap turut membantu pemasaran buah naga.

“Kalau bisa, buah naga produksi di Desa Kandan ini kita pasarkan sampai ke luar daerah. Saya mendorong petani untuk terus meningkatkan produksi. Apabila ada kendala, silakan berkoordinasi dengan┬ápenyuluh pertanian atau ke instansi terkait langsung,” kata Irawati.

Dia juga mengatakan, rasa buah naga yang dihasilkan petani di Desa Kandan nikmat dan segar. Bahkan, di musim panen, stoknya terkadang melimpah.

“Rumah makan dan pedagang buah di Sampit ternyata mengambil buah naga di sini. Berarti pangsa pasarnya jelas. Tinggal kita cari cara pemasaran┬áke luar daerah lebih maksimal. Otomatis kalau ini berjalan, penghasilan petani buah naga lebih meningkat dan akan bermuara ke kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, petani menyampaikan persoalan yang mereka hadapi kadang adalah gangguan hama di saat tertentu dan kondisi cuaca. Hal tersebut berpengaruh terhadap produksi. (YONO HERIYANTO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed