by

Wacana Tol Laut di Kotawaringin Timur untuk Buka Pintu Ekspor

Bupati Kotim Halikinnor mengikuti rapat secara virtual bersama Dirjen Hubla Kemenhub RI, Rabu, 7 April 2021

JURNALKALTENG.COM, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mewacanakan pembuatan tol laut untuk kelancaran arus pelayaran. Bahkan, itu ditindaklanjuti melalui rapat bersama Dirjen Hubungan Laut Kemenhub RI yang diikuti Bupati Kotim, Halikinnor, Rabu, 7 April 2021.

Dalam kesempatannya, Halikinnor mengatakan, rencana pembuatan tol sungai tersebut sudah mendapat restu dari pemerintah pusat.

“Untuk menunjang program itu, kita juga sudah akan melakukan pengerukan alur sungai. Semoga bisa dilaksanakan akhir tahun ini,” kata Halikinnor.

Dia menambahkan, saat ini sungai masih memegang peran penting dalam perekonomian Kotawaringin Timur. Namun, terkadang masih menemui kendala seperti kondisi pasang surut air.

“Dengan pengerukan nanti, diharapkan arus pelayaran di Sungai Mentaya bisa non stop 1 x 24 jam. Selain membantu pengusaha di daerah kita, distribusi kebutuhan pokok dan lainnya juga lebih lancar,” kata Halikinnor.

Dengan laut ini, Halikinnor berharap agar ekspor cpo tidak lagi dilakukan melalui Batam. Tetapi bisa langsung dari Sampit sehingga PAD lebih maksimal. (YONO HERIYANTO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed